Pendidikan Toleransi di Kampung Moderasi Beragama Untuk Penguatan Ideologi Pancasila

Main Article Content

Pipit Widiatmaka
Munawir Yusuf
Subagya Subagya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola pendidikan toleransi dalam rangka penguatan ideologi Pancasila di kampung moderasi beragama dan aktor lokal yang terlibat dalam penguatan toleransi di kampung moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan sehingga teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumen. Selain itu, analisis data dalam penelitian ini menggunakan hermeunitik dengan menekankan pada intreprestasi pada data yang sudah disederhanakan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan toleransi di kampung moderasi beragama dapat melakukan penguatan ideologi Pancasila dengan pola pendidikan toleransi dengan pendekatan partisipatif yang berbasis kearifan lokal, karena dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan kehidupan masyarakat yang heterogen di kampung moderasi beragama sehingga dapat membangun ketahanan ideologi Pancasila yang tangguh. Dalam mengimplementasikan pendidikan toleransi dengan pendegkatan partisipatif yang berbasis kearifan lokal dibutuhkan peran dan kerja sama aktor lokal, dari pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda yang tergabung di dalam karang taruna. Melalui keterlibatan aktor lokal tersebut ternyata dapat membangun kesadaran ideologis masyarakat, keharmonisan kehidupan antar perbedaan, dan mengatisipasi tindakan intoleransi. Pada dasarnya pola pendidikan toleransi dengan pendekatan partisipatif berbasis kearifan lokal yang diterapkan di kampung moderasi beragama dapat difungsikan untuk  penguatan ideologi Pancasila di kampung moderasi beragama sehingga dapat membangun ketahanan ideologi Pancasila yang tangguh.


 

Article Details

Section
Articles